Malioboro, Icon Kota Jogja Yang Selalu Dirindukan Oleh Wisatawan

Malioboro, Icon Kota Jogja Yang Selalu Dirindukan Oleh Wisatawan

Sudut Kota Yogyakarta memang memiliki sensasi yang berbeda. Salah satu nya adalah Malioboro, Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer ini selalu banyak pengunjung. Nah, buat kalian yang sudah pernah ke Jalan Malioboro atau Titik Nol Kilometer punya kenangan apa sih? pasti banyak dong, Dan buat kalian yang sedang menikmati malam di malioboro pasti ingin selalu berlama-lama, entah itu ngobrol bercanda tawa atau sekedar nongkrong. Apalagi disaat Weekend pasti selalu ramai, Bahkan kalian sampai berdesak-desakan ketika berjalan, Eittssss jangan sampai lupa yaa selalu gandeng pasangan kalian agar tidak hilang. hehehehe …..

Sejarah Singkat Tentang Malioboro Yogyakarta

Kalian juga harus mengetahui tentang sejarah jalan malioboro yang saat ini menjadi pusat icon nya kota Jogja. Sebenarnya nama Malioboro berawal dari sebuah jalan. Akan tetapi nama Malioboro memang menurut bahasa sansekerta yang berarti ” karangan bunga ” kenapa demikian?. Yah, dulu nya memang sepanjang jalan malioboro terdapat karangan bunga, yang dimana pada saat ada Keraton Jogja memiliki sebuah hajatan. Namun ada yang bilang juga bahwa nama Malioboro diberikan oleh seorang bangsawan dari Inggris yang dulu nya diberi nama Malyabhara. Tidak hanya itu saja, Saat ini memang sudah cukup terkenal sebuah jalan yang sangat populer ini memiliki panjang 2,5 km dari Tugu Jogja sampai Nol kilometer ( Kantor Pos ).

Baca juga : Rental Mobil Jogja Diskon 50%

Jalan Malioboro kalau kita ketahui memang memiliki peran yang sangat penting saat kemerdekaan. Sebuah perjuangan para pahlawan kita dalam menggapai kemerdekaan tidak terlepas dari jalan malioboro. Seperti pada sisi selatan yang dulu nya pernah dijadikan tempat bertempur antara pejuang kita dalam melawan penjajah Belanda yang pada saat itu ingin merebut Kota Yogyakarta. Nah, pertempuran itu juga meninggalkan sebuah bangunan yang ada di kawasan Nol Kilometer yaitu Serangan Umum 1 Maret 1949. Tetapi kita juga harus selalu memberikan penghargaan terhadap para pahlawan kita, Sebab Pahlawan kita bisa merebut kembali Jogja hanya dalam waktu 6 Jam.

Salah Satu Icon Kota Jogja Yang Sangat Populer

malioboro jogja
foto via outingjogja.com

Tidak hanya menampilkan suasana yang romantis saja, Icon Kota Jogja ini juga memiliki beberapa unggulan serta terdapat juga objek wisata yang dekat malioboro seperti : Keraton Jogja, tamansari, Benteng Van Den Brugh, Wisata belanja Pasar Beringharjo dan Alun-alun utara / selatan. Apalagi saat ini kawasabn tersebut sudah di renovasi, sehingga menambah kesan tersendiri bagi pengunjung. Di kawasan tersebut juga terdapat kursi-kursi yang bisa kalian gunakan, atau kalian juga bisa duduk bersila dan bercanda tawa menikmati suasana Jogja baik di sore hari atau malam hari.

Apa Saja Yang Menarik Dari Jalan Malioboro ?

Tak hanya memberikan keindahan yang mempesona, tetapi juga memiliki tempat yang menarik. Lalu, apa saja sih yang menarik dari Jalan Malioboro itu ? Apa saja yang di lakukan pengunjung saat liburan ke sini ? nah, berikut kami ulas secara singkat untuk menambah referensi kalian :

1. Terdapat Pasar Tradisonal

Ketika kalian melewati jalan malioboro, pasti akan melihat sebuah pasar yang bernama Pasar Beringharjo. Salah satu pasar tertua dan memiliki sejarah di Kota Yogyakarta. Kalian bisa berbelanja di pasar tersebut, Karena pasar tersebut menyedikan beberapa makan khas, pakaian, dan cindera mata yang bisa kalian beli untuk oleh-oleh.

2. Musik Angklung

Saat kalian berada di jalan malioboro, pasti akan menemukan gelaran hiburan musik angklung yang disajikan oleh masyarakat Jogja. Untuk bisa melihat musik tersebut kalian harus datang pada malam hari. Sebab, musik angklung memang ada pada saat malam hari. Disana kalian bisa ikut bernyanyi atau juga bisa ikut berjoget bersama crewa angklung dan juga wisatawan yang lain. Gimana indah bukan?. Lalu jangan lupa kalian ikut nyawer yaaa…. hehehehe

3. Terdapat Kuliner

Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja yang favorit, Juga terdapat berbagai macam kuliner. kalian bisa menemui nya di sepanjang jalan malioboro. Mulai dari lesehan, jajanan pasar, dan masih banyak lagi. Tapi kalian juga harus selektif dalam memilih warung kuliner yaaa, Tanyakan harga terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa pedagang yang nakal dalam menjual dagangan nya.

4. Terdapat Hotel / Penginapan

Hotel atau penginapan merupakan faktor terpenting ketika sedang liburan ke Jogja. Tetapi alangkah senang nya apabila kamu bisa mendapatkan penginapan yang ada di sekitar malioboro. Memang untuk mendapatkan penginapan di sekitar, kalian harus jelih dalam memilih nya. Namun kalian tidak perlu khawatir, Sebab penginapan yang ada di kawasan Malioboro memiliki jumlah yang banyak, Mulai dari Homestay, Hotel bintang 1 sampai bintang 5 ada di kawasan tersebut.

5. Andong

Buat kalian yang ingin keliling menyusuri kawasan malioboro, Kalian bisa memesan andong yang terdapat di beberapa jalan malioboro. Kalian akan diantar oleh kusir andong untuk bisa menikmati Kota Jogja. Untuk tarif nya pun mulai Rp.50rb – Rp. 100rb tergantung nanti kalian bisa negosiasi harga dengan kusir nya secara langsung.

Fasilitas Apa Saja Yang Tersedia ?

Ini merupakan hal mungkin sering kalian pertanyakan, Apa saja sih fasilitas yang ada?, Sebagai icon dan ( Baca : tempat wisata di jogja ) yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal atau mancanegara. Malioboro memang selalu berbenah khusus nya pada bagian fasilitas. Kalian tidak perlu bingung, sebab fasilitas yang ada pun sudah termasuk sangat lengkap sekali, Mulai tempat duduk, toilet, dan fasilitas gratis lain nya. Namun, kalian juga harus ikut menjaga fasilitas tersebut, agar kawasan malioboro tetap terjaga keindahan nya, serta kalian juga jangan sampai buang sampah sembarangan. Untuk kawasan parkir pun juga sudah cukup tertata, kalian bisa parkir di Abu bakar ali, Bank Indonesia atau di sepanjang jl. dagen, jl. sosrowijan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp
Phone