Taman Sari Jogja, Salah Satu Wisata Yang Mempesona Dan Bersejarah

Taman Sari Jogja, Salah Satu Wisata Yang Mempesona Dan Bersejarah

Taman Sari Jogja adalah salah satu tempat wisata di jogja yang masih dalam area kesultanan Yogyakarta, yang saat ini dijadikan sebagai objek wisata paling favorit. Namun pada waktu tertentu tempat wisata ini juga masih sering dipakai untuk acara atau ritual oleh keluarga raja keraton jogja. Yang lebih menarik nya lagi, Bangunan yang terdapat pada Tamansari Water Castle merupakan bentuk bangunan pada zaman portugis. Kalian bisa menikmati keindahan air sangat jernih yang dulu nya dijadikan tempat pemandian para kerabat keraton. Buat kalian yang sedang liburan ke jogja, jangan sampai lewatkan salah satu tempat wisata yang masih kental tentang sejarah dan budaya di kota Yogyakarta.

Apabila kita berbicara tentang tempat liburan di jogja, tentu tidak ada habs nya. Karena kota jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang terbaru dan populer. Namun apabila kalian belum menemukan tempat wisata yang mempesona, Taman sari bisa menjadi pilihan untuk anda. Apalagi terdapat spot foto yang menarik yang bisa kalian gunakan untuk berfoto bersama keluarga atau rombongan. Kalian juga bisa melihat secara langsung bangunan yang unik dan menarik, serta akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah dan budaya Kota Yogyakarta.

Sejarah Tentang Taman Sari Jogja

Kota Jogja memnag terkenal sebagai kota pariwisata yang memiliki beragam tempat wisata dan juga sejarah. Salah satu nya Tamansari, Wisata Taman Sari Jogja berada di dekat keraton jogja dan juga alun-alun selatan, jarak kurang lebih 2 KM. Kembali lagi ke sejarah dari tamansari yaitu tempat wisata di yogyakarta yang memiliki bangunan unik, memang kalau kita lihat bangunan nya berbeda dari tempat wisata lain nya. Bangunan yang klasik serta masih terlihat keaslianya sampai saat ini. Bangunan ini pertama kali di bangun pada abad ke 18 oleh Tumenggung Mangundipura, yang berfungsi untuk dijadikan tempat istirahat, tempat meditasi / bertapa dan tempat persembunyian.

Konsep bangunan yang bernuansa jawa dan juga perpaduan dengan eropa portugis menambah keunikan tersendiri. Tentang keberadaan bangunan taman sari ini, memang tidak terlepas dari sejarah yang dulu nya banyak dari para abdi dalem dan juga para pekerja dalam keraton jogja. Wisata taman sari, memiliki beberapa bangunan yang unik dan bisa kalian gunakan sebagai spot foto tetapi, yang pertama dan yang paling menjadi utama adalah istana air. Konon menurut sumber yang kami dapatkan, istana air ini berfungsi sebagai tempat pemandian putri raja atau sering isebut danyang dayang-dayang raja. Selain itu terdapat bangunan lain nya seperti : ruang meditasi, dan bangunan masjid yang sampai saat ini masih sering di gunakan.

Apa Yang Menarik Dari TamanSari Yogyakarta ?

Buat kalian yang belum pernah masuk di kawasan wisata tamansari jogja, pasti penasaran apa sih yang ada di dalam wisata tersebut? Nah, kalian tidak perlu bingung, kami akan memberikan penjelasan tentang spot yang bisa kalian nikmati untuk berwisata.

1. Kolam Taman Sari

taman sari jogja
foto via nativeindonesia.com

Salah satu spot yang utama dan sering menjadi tujuan untuk berfoto adalah Kolam Tamansari. Ketika kalian memasuki sebuah gerbang pintu masuk dengan dinding gapura yang memiliki ornamen atau ukiran futuristik, kalian akan mendapatkan pemandangan yang sangat menarik dengan air yang sangat jernih.

2. Gapura Agung

objek wisata jogja
foto via 1001malam.com

Bangunan lain nya adalah Gapura Agung. Bangunan ini memiliki fungsi sebagai taman kesultanan, Gapura tersebut dibangun karena digunakan untuk lokasi transit kereta kencana kesultanan.

3. Gapura Panggung

wisata taman sari jogja
foto via idetrips.com

Gapura Panggung dulu nya yang boleh memasuki area ini adalah para raja dan keluarga raja. Kenapa? Karena gapura tersebut sering digunakan para raja dan kerabat untuk bersantai menikmati keindahan dan kemegahan tamansari jogja. Apalagi juga terdapat taman hias dengan segala jenis yang menambah keanggunan tamansari. Gapura panggung juga dilengkapi 2 tangga yang terbuat dari kayu jati dan sampai saat ini masih kokoh berdiri dan sekaligus menambah kesan tersendiri.

4. Sumur Gumuling

sumur gumuling
foto via travelspromo.com

Spot foto yang selanjut nya adalah Sumur Gumuling. Menurut sumber yang didapatkan, sumur ini tidak dipergunakan untuk diambil air nya. Serta terdapat juga masjid di bawah tanah yang sekaligus menjadi tempat persembunyian para raja kesultanan. Di tempat itulah para raja keraton juga sering menikmati berbagai tarian tradisonal yang diiringan musik jawa yang merdu.

5. Gedung Kenongo

Bangunan yang menarik terakhir adalah Gedung Kenongo, Gedung ini merupakan sebuah gedung yang paling tinggi yang di miliki Tamansari Jogja. Gedung ini memiliki fungsi untuk menjamu makanan kerajaan. Di bangunan inilah kalian bisa menimati keindahan yang ada di tamansari.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka Taman sari Yogyakarta

Kalian tidak perlu bingung lagi untuk tarif tiket masuk taman sari, Sebab untuk harga tiket masuk nya termasuk masih murah yaitu sebesar Rp. 5.000 / orang saja. Namun apabila kalian ingin memakai jasa guide, agar kalian bisa mengetahui secara lengkap tentang wisata di jogja ini, kalian harus mengeluarkan biaya Rp. 25.000 – 30.000 / guide nya. Jam operasional tamansari mulai di buka pada jam 08.00 – 14.00.

Objek WIsata Yang Dekat Dengan Taman Sari Jogja

Setelah kalian sudah selesai menkmati tempat wisata di jogja yang satu ini, kalian bisa mengunjungi objek wisata lain nya. Sebenar nya sangat dekat juga antara tamansari dan tempat wisata lain nya seperti : Keraton jogja, Alun-alun selatan, Benteng Van Den Brugh dan apabila kalian ingin ke pantai bisa ke pantai parangtritis. Nah, cukup mudah bukan?, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin berlibur ke kota jogja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp
Phone